Kenali Blok B Pusat Grosir Tanah Abang

Tanah Abang—19 Februari 2003 sebanyak 2.400 unit dari total 7.638 kios di Blok A, Blok B, Blok C, Blok D Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat terbakar habis. Pusat grosir yang waktu itu beromzet Rp 15 triliun per tahun dan memiliki  perputaran uang Rp 200 miliar sehari tersebut dibangun kembali oleh PT Priamanaya Djan International Oktober 2004 dengan investasi Rp 800 miliar. Kini Pusat Grosir Tanah Abang telah menjelma menjadi pasar grosir modern, tidak lagi sumpek dan kumuh seperti dulu.

Tampilan bak mall itu memang baru terlihat di Blok A dan Blok B, Blok F, F1 dan F2 yang dikelola oleh PD Pasar Jaya masih beragaya konvensional, meskipun ada lift dan eskalator serta—katanya dulu— AC juga.  Tapi kita hanya akan membahas Blok B kali ini.

Blok B sebenarnya adalah sayap tambahan Blok A yang sudah selesai dibangun tahun 2004. Secara resmi Blok B dioperasionalisasikan Juni 2010. Karena bangunan sayap, di beberapa lantai Blok B tetap terhubung dengan Blok A, misalnya di Lantai LG, yang sekaligus merupakan atrium intercourt yang menghubungkan Blok B dengan Blok A dan Blok F. Atrium ini berupa selasar selebar 8 meter untuk lalu lintas utama barang dan orang. Karena lebarnya di sini pengelola Blok B sering menyelenggarakan aneka ragam hiburan seperti music life dengan mendatangkan artis-artis ternama nasional, bazaar, pameran, bahkan fashion show mini. Baru-baru ini mereka juga menyelenggarakan aksi donor darah (25/4) yang diikuti berbagai kalangan, dan menerima tamu dari Kementerian Perdagangan Malaysia.

Terdiri dari 17 lantai ditambah lantai atap yakni Lantai 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 3A (karena angka 4 dianggap tidak hoki), 3, 2, 1, G, LG, SLG, B1, B2, B3. Lantai 6, 7, 8, 9, 10, 11 dan B3 digunakan untuk lahan parkir. Lantai 5, 3A, 3, 2, 1, G, LG, SLG, B1, B2 adalah pusat grosir berbagai produk tektil dan aksesoris. Informasi di situs Blok B Tanah Abang, 10 lantai digunakan untuk area perdagangan. Sisanya untuk parkir dan kantor.

Detail zoning per lantai adalah sebagai berikut Lantai atap mesjid, Lantai 6-11 dan B3 area parkir, Lantai 5 grosir busana muslim dan perbankan, Lantai 3A butik dan grosir aksesoris Lantai 3 baju sport dan kaos, Lantai 2 kaos dan kemeja pria, Lantai 1 fashion ABG dan baju, Lantai G fashion wanita dewasa, ABG dan baju anak, Lantai LG fashion wanita dewasa, Lantai SLG fashion busana muslim, Lantai B1 grosir tekstil, bed cover dan gordyn fashion busana muslim, dan Lantai B2 grosir tekstil.

Zoning ini sebetulnya sudah tak ketat lagi, karena di beberapa lantai terlihat komoditas dagangan telah bercampur. Menurut Jidah Najwa Naiya, pedagang perlengkapan shallat di Lantai B1, Los D No. 71 hal itu disebabkan karena pedagang yang menyewa atau membeli kios mengubah sendiri dagangannya dengan alasan dagangan yang sebelumnya kurang laku. “Pedagang mngubah dagangannya karena alasan kurang laku kalau menjual barang yang sama dengan toko sebelah,” katanya.

Belum diketahui berapa jumlah escalator di Blok B, tapi lift disediakan 22 unit. Lahan parkirnya yang 7 lantai  mampu menampung 1.500 mobil dan 2.300 motor. Di beberapa lantai area parkir Blok A dan Blok B saling terhubung sehingga konsumen bisa memilih mau parkir di blok yang mana. Keamanannya ketat, STNK adalah syarat utama untuk bisa parkir di lahan parkir ini, tanpa STNK jangan harap bisa parkir di sini.

Belum diketahui berapa jumlah anggota security keseluruhan, tapi semua tenaga security Blok B terdaftar dan menjadi anggota di Polda DKI Jakarta. Mereka juga bukan sembarang security karena direkrut dari pensiunan aparat kepolisian atau TNI dan mantan preman di kawasan Tanah Abang, jadi mereka berakar di Tanah Abang.

Ada tiga jenis security di Pusat Grosir Tanah Abang yakni security patrol, security guard dan security customer. Belum diketahui apa saja spesifik tugas masing-masing security ini, yang jelas mereka bertugas 24 jam mengawasi keamanan gedung, pengelola dan konsumen di kawasan Blok B Kawasan Grosir Tanah Abang. Dalam pelaksanaan tugasnya mereka dibantu perangkat CCTV dan MATV yang dipasang di sudut-sudut strategis untuk memperpanjang dan memperluas area pengawasan mereka di gedung yang juga belum diketahui memiliki berapa kios atau toko ini.

Untuk kenyamanan konsumen Blok B memiliki koridor  lebar yakni 2.8 meter antar kios atau toko, koridor utama lebarnya malah 3 meter, namun koridor selebar itu tetap saja terasa sempit terutama di Lantai LG, SLG, G dan 1 yang ramai transaksi.

Untuk kemudahan finansial, di samping escalator di lokasi tertentu tersedia ATM Bank Mandiri. Namun gerai bank mini juga ada seperti yang dibuka oleh Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI,  Bank Panin, Bank Danamon, Bank BRI lengkap dengan ATM di depan atau di sampingnya. Tersedia juga Bank Bumi Arta (sekuritas) untuk kemudahan, kemanan dan kenyamanan bertransaksi.

Dan yang tidak boleh dilupakan, Blok juga punya mini food court di Lantai 6. Naiknya dari lift di atrium intercourt, lalu di Lantai meneyebrangi area parkir. Sesuai namanya mini food court Blok B benar-benar mini dan hawanya agak panas, ada RM Simpang Raya di situ, juga aneka makanan Cina (Chinesse food) seperti kwee tiau, macam-macam olahan mie, aalalu soto-sotoan dari Jaswa, nasi goreng, bebek dan ayam kremes, sop tangkar dan banyak lagi. Minumannya juga beragam, tapi pelayanannya agak jelek. Kalau pesanan kita tak banyak, pelayannya langsung cuek dan lebih melayani pembeli yang pesanannya banyak. Misalnya pelayan tanah abang (28)RM  Bebek Ke.

Tapi urusannyalah dengan konsumen, kalau terus-teruysan begitu., lama-lama tentu ditinggal orang dan Blok B pasti punya banyak nominator penggantinya.

 

 

About these ads

2 Comments

  1. saya lihat mingu kemarin Blok B udah buka minggu, hmmm ramai deh…brawo Blok B (Y)

  2. bravo maksudnya…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 976 other followers