Perayaan 17 Agustusan di Tengah Jalan

Perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Ri di Tanah Abang terpaksa dilakukan di jalan raya. Untuk itu Karang Taruna RW 01, Kelurahan  Kampung Bali menutup sebelah ruas Jl. Jati Baru agar berbagai acara lomba yang diadakan bisa berlangsung. Penutupan jalan ini bukan karena mereka terbiasa menjalankan aksi premanisme yang suka seenaknya mengangkangi fasilitas umum untuk berbagai kegiatan sosial dan ibadah komunitas setempat, melainkan karena memang tak punya lahan  untuk keperluan itu.

“Mau diadain di mana Pak? Rumah kami di dalam hanya punya gang-gang kecil yang buat berpapasan aja susah, nggak ada lapangan luas, jadi ya terpaksa di jalanan,” kata Wawan (23) salah satu panitia.

Maka sejak pagi Minggu 18 Agustus 2013 mereka sudah melangsungkan berbagai acara di Jl. Jati Baru depan Stasiun Tanah Abang. Penutupan jalan memang tidak dilakukan dari pagi, masih tersisa sepenggal badan jalan untuk dilewati mikrolet, kopaja atau sepeda motor. Mereka baru menutupnya sekitar pukul 16.00 ketika lomba futsal dimulai.

Berbagai lomba diadakan di situ untuk merayakan HUT RI yang ke-68 itu. Ada lomba makan kerupuk, balap karung, pacu gigit sendok berisi kelereng (gundu), lomba memindahkan belut, lomba joget jeruk, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba mengambil uang receh dengan gigi dari buah pepaya yang sudah dilumuri olie bekas dan lomba futsal.

Lomba yang didominasi anak-anak dan remaja ini memang selalu diadakan setiap tahun.”Kita juga ingin merasakan merdeka seperti yang lain, meski sebenarnya merdeka kaya apa kalau tanah lapang untuk bermain aja nggak punya,” ujar Wawan sambil meringis.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s