PKL Pindah Pedagang Blok Senang

ImageImageKembalinya para PKL ke Blok G disambut baik oleh para pedagang di Blok F, Blok A dan Blok B. Bukan hanya karena akses ke toko-toko dan kios-kios mereka kini lebih lancar dan calon pelanggan baru bermunculan karena tak ada lagi hambatan kemacetan dan perparkiran di kawasan tersebut, tetapi juga karena kini para PKL tidak lagi ‘merebut’ calon pembeli dagangan mereka.

Bukan rahasia lagi, kalau saat ini pedagang grosir di ketiga blok besar itu juga sudah menyerah dan mulai mau berjualan secara eceran, karena menurut mereka suhu perdagangan saat ini lesu, tidak lagi seseksi dulu, sehingga kalau bertahan dengan aturan ketat perdagangan grosir mereka bisa gigit jari dan menghabiskan modal untuk membiayai kios saja.

“Dulu tak ada cerita menjual eceran, yang beli per 3 atau 6 potong pun kita tolak, kita hanya terima pembelian kodian atau lusinan, kini yang beli satu potong pun kita layani,” ujar Kurnia (43), pedagang busana muslim di Blok F2.

Namun selama PKL bebas berjualan di jalan yang mengitari Blok A, Blok B dan Blok F, ‘rezeki’ pedagang di blok-blok ini agak terhambat, karena pembeli malas masuk blok dan lebih suka berbelanja di lapak-lapak PKL saja. “Padahal harga di sana sudah dinaikkan sampai 30 persen, karena mereka belanjanya juga di sini atau di Metro,” tambah Kurnia yang asal Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat itu lagi.

Jidah Najwa Naiya (51) , penyewa kios di Lantai B1 Blok B membenarkan sinyalemen Kurnia. Dikatakannya para PKL memang lebih berjual beli dibanding mereka yang berjualan di dalam blok, terutama yang kiosnya terletak di lokasi-lokasi non strategis. “Mereka mengambil peluang dan calon pembeli kita, tanpa harus membayar sewa dan overhead kios yang mahal dalam blok, karena pembeli lebih suka berbelanja ke tempat mereka yang sudah langsung bisa diakses begitu turun dari sepeda motor, mobil atau angkutan umum,” ujar Jidah.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s