Blusukan Mencari Kuliner Khas Tanah Abang

Hal lain yang juga mulai menghilang dari Tanah Abang adalah kuliner khas Betawi. Kini sudah susah mencari nasi uduk santan atau asinan. Nasi uduk yang banyak dijual orang di kawasan Tanah Abang saat ini, menurut Bang Uci, tidak khas Betawi, karena mereka menggunakan minyak goreng, bukan santan kelapa. Lauknya juga tak lazim, yakni ceker ayam. “Itu muncul setelah banyak pedagang sate ayam di Tanah Abang, mereka menjual murah atau membuang ceker ayam, yang kemudian diambil atau dibeli oleh pedagang nasi uduk,” ungkapnya.

“Kalau nasi uduk Betawi itu tak ada ceker, adanya semur telur, semur tahu, semur daging, lalu ada acar dari timun, wortel, bawang, cabe rawit, bawang goreng dan emping. “Rasanya gurih, lezat,” kata Bang Uci.

Dia dan istrinya Mpok Nonon menunjukkan salah satu tempat yang masih menjual nasi uduk khas Betawi di Tanah Abang, yaitu di Gg H. Said, dekat Mesjid Al Makmur. Kedai nasi uduk milik  oleh Mpok Mila itu tak memiliki papan nama dan hanya terdiri dari satu ruangan kedai dan teras sempit dengan beberapa bangku panjang dan meja besar tempat para pelanggan bisa makan bersama.

Selain nasi uduk, Mpok Mila juga menjual bubur ase dengan paru goreng. Bubur ase adalah bubur asinan khas Betawi terdiri dari bubur nasi, sawi, toge, lobak, rukyo, kerupuk, bawang, kacang goreng, wortel, timun dan cuka.  Setiap hari Jumat, di kedai ini ada tambahan sop bening

English: Nasi uduk, rice cooked with coconut m...

English: Nasi uduk, rice cooked with coconut milk 日本語: ナシウドゥ(ココナッツミルクと一緒に蒸したごはん)。 (Photo credit: Wikipedia)

daging kambing dan sapi.

Kedai ini buka setiap hari, dari pagi sampai jam 12.00, pelanggannya berdatangan dari seluruh penjuru Tanah Abang, termasuk dari kantor camat dan Polsek Tanah Abang. Menurut Mpok Mila dia hanya meneruskan usaha nenek dan ibunya. Nasi uduknya laris, pembeli berdatangan dari mana-mana, jika tak cepat-cepat datang, pelanggan sering kecewa karena kehabisan.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s